By | June 3, 2020

Cara Menghindari Gambar Hak Cipta – Mungkin sebagian kita telah mengenal istilah tentang hak cipta. Hak cipta, secara umum dimaknai sebagai hasil karya orang lain. Hak cipta sendiri memiliki wewenang penggunanya untuk mengklaim bila karya ciptanya digunakan orang lain tanpa izin atau tanpa sepengetahuan penciptanya.

Apa Itu Hak Cipta

Menurut Wikipedia sendiri, bahwa hak cipta itu berlaku pada setiap karya ciptaan, baik itu foto, buku, tulisan, puisi, drama, dan lain sebagainya.

Jadi, gambar yang anda publikasikan dalam internet, merupakan hak cipta anda bila anda sendiri memberinya tanda atas kepunyaan anda, asalkan itu gambar hasil dari karya anda sendiri. Sesuatu yang menguntungkan bukan?

Maksud Menghindari Gambar Hak Cipta

Maksud dari penjelasan ini adalah bahwa dalam memposting sesuatu, perlu untuk melihat lebih detail akan pencipta dari gambar tersebut. Menghindari gambar hak cipta berarti bahwa mempublikasikan sesuatu baik gambar. tulisan, dan lain sebagainya yang belum diterbitkan sama sekali oleh orang lain.

Terutama dalam blog, bila ingin mempublikasikan sesuatu yang bersifat tulisan atau bahkan gambar, sebaiknya melakukan cek terlebih dahulu, apakah gambar yang ingin dipublikasikan merupakan gambar yang telah memiliki hak cipta atau tidak.

Akan lebih baik bila membuat sebuah karya gambar sendiri. Tentu nilainya jauh lebih memuaskan bagi diri sendiri.

Bahaya Melanggar Gambar Hak Cipta

Wikipedia telah menjelaskan tentang bahaya bila melanggar hak cipta. Contohnya saja begini, seseorang akan dikenakan sangsi bilamana melanggar Hak Cipta.

Maksudnya disini adalah bilamana seseorang itu mempublikasikan sesuatu yang merupakan hak cipta dari orang lain, tanpa izin dari penciptanya sendiri.

Secara umum, mungkin akan sulit sekali ditemukan. Namun, dalam jangkauan internet, kejadian ini sering sekali dilakukan tanpa disadari.

Cara Menghindari Gambar Hak Cipta

Sebenarnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menhindari hak cipta pada gambar. Namun, pada pembahasan kali ini, Saya akan merangkumnya dalam beberapa poin berikut ini:

1. Mempublikasikan Gambar Sendiri.

Tentu dengan cara ini akan valid. Dimana, pengguna itu sendiri yang mengambil gambarnya. Dengan demikian, diyakini akan terbebas dari yang namanya melanggar hak cipta. Karena, pengguna itu sendiri yang mengambil gambarnya, lalu mempublikasikannya.

Hal ini terkesan sepele, namun mungkin bagi sebagian orang belum begitu memahami atau memperhatikan hal ini.

Walau terlihat sepele, hal ini juga cukup memberikan efek jera akan hukuman yang diberikan. Jadi, lebih baik berhati-hati untuk sebuah postingan, terutama postingan di blog.

2. Layanan Ambil Gambar Bebas Hak Cipta

Internet memang sangatlah luas dan bebas. Ada beberapa layanan yang menyediakan gambar, yang terbebas dari Hak Cipta, antara lain yaitu:

  • a. Pixabay
  • b. Flickr
  • c. Pixels

Sejauh infomasi yang didapatkan, bahwa layanan di atas itu merupakan layanan yang terbebas dari hak cipta. Didalamnya menyediakan banyak sekali foto-foto yang dapat diunduh atau di download secara gratis dan terbebas dari hak cipta.

Saya sendiri belum begitu memahami akan apa sebenarnya yang terjadi pada penyedia layanan tersebut. Apakah mereka telah membeli semua gambar itu, atau mereka telah memasang perjanjian kontrak, atau hal lain sebagainya.

Tetapi yang jelas, gambar-gambar disana dapat digunakan ulang untuk menambah keindahan tulisan blog anda. Mungkin anda memiliki referensi lainnya tentang tempat mengambil gambar, dan bisa membagikannya kepada saya melalui kolom komentar.

Hal yang umum adalah bahwa beberapa penyedia layanan memberikan layanan yang berbayar. Tidak ada yang salah disini. Pada kegiatan lebih jauh, anda mungkin akan menemukan tempat dimana gambar-gambar itu dikumpulkan, tetapi membutuhkan biaya untuk menggunakannya. Ada banyak yang tempat yang bisa anda temui di luar sana.

Penjelasan di atas memberi arti akan pentingnya menjaga hak cipta. Adapun yang menjadi tujuan dari diadakannya Hak Cipta itu semata-mata untuk melindungi setiap karya orang agar tidak di ambil alih oleh orang lain.

Disamping itu, adanya hak cipta ini akan membuat orang-orang menjadi lebih bersemangat lagi untuk membuat sebuah karya yang belum pernah diciptakan oleh orang lain. Ini akan mendorong daya kreatifitas anak bangsa. Tentu, adanya hak cipta ini dipandang positif.

Nah itu dia, penjelasan mengenai hak cipta pada gambar dan cara mengatasi agar dalam membuat konten kita tidak melanggar hak cipta…

Semoga Bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *