By | June 13, 2020

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mengetahui tentangĀ belajar blogger. Sekilas tentang blogger, yakni merupakan sebuah wadah bagi anda untuk menuliskan apapun yang anda pikirkan dan mempublikasikannya di internet dengan Google. Namun, kebebasan bagi para pengguna blogger itu tetap diberikan batasan dalam penggunaannya, dengan memberikan syarat dan ketentuan pengguna blogger yang diterbitkan oleh Blogger itu sendiri.

Pembahasan kali ini berfokus pada Persiapan Menulis Artikel di Blogger. Bila anda seorang pemula, maka kajian ini sangatlah cocok untuk anda baca. Pada tahapan ini, ada beberapa bagian yang perlu anda persiapkan sebelum mulai belajar blog. Adapun bagian-bagian yang dimaksudkan itu sebagai berikut:

Perlu Persiapan Diri (Fisik dan Mental)

Mempersiapkan diri dalam segala hal dalam hidup menjadi suatu keharusan tatkala akan memulai sebuah kegiatan. Tanpa persiapan yang matang, iming-iming kesuksesan itu hanyalah khayalan belaka.

Persiapkan diri sebelum memulai belajar internet dengan membuat sebuah argumen bagi diri sendiri bahwa blog hanya sebagai wadah untuk menuliskan sesuatu lalu mempublikasikannya di internet. Hilangkan dengan bumbu lainnya. Ini hanya sementara. Ketika anda sudah memiliki keilmuan yang cukup dan terus belajar, maka dengan sendirinya akan mulai mempersiapkan untuk hal yang lebih besar lagi. Sampai disini, anda hanya perlu mempersiapkan mental dan fisik anda dan memasang statment bahwa ngeblog hanya untuk menulis.

Baca : Belajar Blogger Pemula

Dengan membuat semacam statment dalam diri seperti yang dijelaskan di atas, maka kemungkinan besar anda akan membiasakan dan lebih terbiasa dalam menuliskan sesuatu di blog anda. Dengan sendirinya, kualitas menulis akan membaik seiring berjalannya waktu. Ini adalah modal utama yang sangat besar potensinya bagi diri anda.

Persiapan Alat Yang Diperlukan

Persiapkan beberapa hal di bawah ini. Ini merupakan bagian yang paling mendasar dan perlu untuk diperhatikan.

Koneksi internet

Ngeblog bukan sembarangan. Disini, anda akan terkoneksi dengan para penulis artikel lainnya di internet. Oleh sebab itu, karena anda berkecimpung dalam internet, maka internet adalah hal yang paling mendasar yang harus anda miliki.

Blogger sendiri, hingga saat ini belum terdapat aplikasi yang dapat digunakan secara offline. Oleh sebab itu, blogger tidak dapat diakses tanpa koneksi internet. Anda dapat mempersiapkan semacam modem, atau yang lainnya yang dapat memberikan anda koneksi internet. Anda dapat memilih menggunakan tipe koneksi yang anda inginkan, baik itu yang tercepat atau yang cukup cepat.

Baca : Belajar SEO untuk Optimasi Blog

Laptop atau komputer

Hal ini juga menjadi hal pokok yang harus anda miliki. Laptop atau komputer merupakan sebuah alat yang menghubungkan anda dengan blogger. Tanpanya, anda tidak akan bisa menuliskan sesuatu di blog anda. Laptop atau komputer yang nantinya akan dikoneksikan ke internet merupakan alat yang anda butuhkan dalam ngeblog.

Informasi yang beredar bahwa benar memang ada beberapa aplikasi yang disediakan blogger untuk para penggunanya melalui smartphone mereka. Anda juga tentunya dapat menerapkan hal ini. Namun, dibeberapa kasus, aplikasi blogger yang ditemui itu bukan merupakan aplikasi yang benar-benar dari blogger sendiri. Melainkan dari pengembang pihak ke tiga. Oleh sebab itu, terdapat beberapa fitur yang belum lengkap seperti apa yang disajikan oleh blogger. Disarankan bagi anda untuk ngeblog melalui laman resmi blogger.com melalui laptop atau komputer.

Buku Pedoman

Anda membutuhkan buku pedoman untuk blogging bila anda pemula dalam dunia blog. Anda dapat memilih buku favorit anda yang membahas tentang cara ngeblog. Ini sangat membantu anda dalam ngeblog. Bilamana anda membutuhkan suatu hal yang tidak anda ketahui, maka dapat melihatnya langsung pada buku pedoman yang ada.

Sebaiknya anda membaca secara penuh buku panduan yang anda miliki, sebelum menerapkannya di blog anda. Karena, dengan membacanya terlebih dahulu, paling tidak anda sudah mengetahui hal-hal yang menjadi dasar dalam melakukan blog.

Makanan dan Minuman (Optional)

Makanan dan minuman itu memang tiada hentinya. Mengapa? Karena dengan adanya makanan dan minuman, anda akan lebih merasa nyaman dalam suatu kondisi. Terutama dalam kegiatan ngeblog. Akan lebih santai lagi bila anda ngeblog sambil makan dan minuman. Ini akan membantu anda dalam refresh pengetahuan dikarenakan suasana santai yang dihadirkan makanan dan minuman.

Bagian ini merupakan bagian pilihan. Anda bisa saja menerapkannya. Namun, bisa juga untuk meniadakannya. Bukan berarti tanpa adanya makanan dan minuman, lalu anda tidak bisa ngeblog. Hal ini hanya sebagai tambahan untuk releksasi pikiran anda ketika anda menuliskan sesuatu.

Persiapkan Waktu Yang Efisien

Bagian ini merupakan bagian yang banyak sekali diabaikan orang dalam ngeblog. Ngeblog, juga memakan energi anda. Ini dikarenakan daya serap layar monitor saat anda membuka laptop dan menulis di blog anda.

Gunakan waktu se-efisien mungkin untuk memastikan keamanan anda dalam menggunakan laptop atau internet. Jangan sampai, waktu anda terlalu lama di depan layar monitor dan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca : Bolehkan Copy-Paste Artikel Blog Milik Orang Lain?

Sebelum anda memulai, pastikan waktu untuk kapan anda akan selesai dan menutup semuanya. Jangan terburu-buru dalam menuliskan sebuah artikel. Jangan pula terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan satu artikel yang memakan waktu berjam-jam. Karena pada dasarnya, ngeblog itu hanya menuliskan apa yang anda pikirkan atau apa yang anda inginkan untuk ditulis. Isinya bebas saja, apapun itu. Oleh sebab itu, aturlah waktu anda sebaik mungkin. Jangan terlalu membuang-buang waktu anda.

Ketiga hal di atas itu merupakan hal yang sangat penting untuk anda ketahui sebagai pangkal untuk memulai sebuah aktifitas ngeblog. Dengan memahami ketiga hal di atas, akan timbul kehati-hatian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ngeblog itu memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan, mulai menuliskan artikel, kemudian menambahkan gambar pada artikel yang anda tulis, dan kemudian mempublikasikannya dengan menerapkan SEO, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, mengingat akan cukup banyaknya waktu yang dibutuhkan hanya untuk mempublikasikan sebuah artikel, maka dirasa perlu perencanaan yang baik sebelum anda memulai. Dengan membaca bagian ini, diharapkan anda telah mengatur strategi apa yang harus anda jalankan dalam menulis di blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *