4 Cara Meningkatkan Gairah/Semangat Dalam Berolahraga

Dengan olahraga memberikan banyak hal-hal positif pada diri kita, terbuka dengan lingkungan, kondisi jasmani dan rohani yang lebih sehat…

Dalam memulai dan menyisipkan olahraga pada kehidupan kita bagi sebagian orang yang telah terbiasa mungkin merupakan hal yang biasa saja dan gampang dilakukan…

Namun, bagaimana dengan orang yang baru saja memulai dan ingin mengubah pola hidup dengan menambahkan olahraga dalam daily activity nya?

Malas mungkin menjadi hambatan utama saat kita mau memulai berolahraga, namun pada dasarnya ada energy yang lebih kuat untuk melawan rasa malas tersebut, yaitu adalah komitmen diri untuk melakukan dan menyelesaikan kegiatan ini….

Pada dasarnya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan semangat dan gairah kita dalam berolahraga, yaitu:

  1. Set Goals

Tentukan Goals atau tujuan yang ingin anda capai, mungkin seperti tubuh yang ideal, target berat badan, atau mungkin menguatkan bagian-bagian otot tertentu…

Intinya target ini akan memberikan kita arah dalam berolahraga, sehingga kita akan berusaha untuk mencapainya… lagi-lagi komitmen yang diperlukan.

  1. Tentukan Role Model atau Panutan

Dalam meningkatkan semangat kita untuk mencapai Goals dalam berolahraga, mungkin hal ini bisa dilakukan, yaitu mencari dan menemukan seseorang sebagai Role Model atau panutan dalam berolahraga. Era sekarang ini sudah banyak coach yang sharing tentang tips/cara berolahraga hanya melalui sosial media, mungkin kita bisa follow, dan melihat aktivitas serta cara mereka berolahraga yang baik dan benar agar sesuai target yang kita tentukan. Role model ini hanya sebagai panutan kita dalam merubah pola hidup untuk berolahraga dengan memperhatikan mereka yang sudah biasa berolahraga kemudian kita menerapkannya dalam kehidupan kita, tentunya hal-hal yang positif ya…

  1. Menemukan Rekan/Teman dengan Satu Tujuan

Hal ini mungkin akan menjadi bagian yang terpenting dalam meningkatkan semangat berolahraga. Berdasarkan wawancara yang penulis lakukan, hampir 98% orang-orang batal melakukan olahraga hanya karena tidak mempunyai rekan yang akan diajak, malas melakukannya sendiri.

Memang terbukti Zoon Politicon yang dikemukakan oleh Aristoteles yang pada intinya manusia akan selalu hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain sebagai makhluk sosial.

So.. cari teman dengan visi yang sama, atau kita bisa mengajak teman untuk mencapai target bersama dan melakukannya bersama-sama.

  1. Komunitas Olahraga

Komunitas mungkin termasuk dalam rekan dengan skala yang lebih besar. Hal ini penulis alami sendiri, bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama, orientasi untuk mencapai goals masing-masing, berkompetisi untuk menjadi lebih baik, menemukan Role Models dalam komunitas.

Intinya ketiga poin di atas dapat kita temukan secara bersamaan dalam komunitas olahraga, pada era ini sudah banyak sekali terdapat komunitas olahraga baik di bidang calisthenics, Running, Swimming. Dengan memiliki komunitas olahraga ini banyak hal yang kita dapatkan selain semangat berolah raga bersama, memiliki banyak teman-teman baru dan bertemu orang-orang baru.

Mungkin ini beberapa hal yang dapat kita jadikan sebagai acuan dalam memulai hidup sehat dengan berolahraga, apabila teman-teman mempunyai tambahan atau pendapat lain, dapat ditulis di kolom komentar dibawah 😉

Terimakasi…

Salam Hangat,

 Dedek Buana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *