4 Persiapan Sebelum Tes Administrasi Polisi (Polri)

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menempuh seleksi untuk menjadi anggota POLRI, salah satu persyaratan yang paling krusial adalah Kelengkapan Administrasi. Kelengkapan administrasi menjadi hal pertama yang sangat penting kita persiapkan karena menjadi ujung tombak kita dalam melakukan pendaftaran. Berikut 4 hal yang perlu kita persiapkan dalam menempuh tes administrasi Kepolisian (Polri):

1. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

SKCK dapat kita cari di Kepolisian Resor (Polres) atau Kepolisian Daerah (Polda) masing-masing daerah dengan dengan syarat pengajuan SKCK yaitu melengkapi persyaratan yang tertera pada gambar dibawah ini:

2. Legalisir Berkas

Persyaratan administrasi yang perlu kita legalisir misalnya seperti KTP, Ijazah-Ijazah, dan lain-lain. Intinya kelengkapan administrasi diri kita.

3. Melakukan Pendaftaran Online

Pendaftaran online dilakukan di web www.penerimaan.polri.go.id , apabila sudah musim penerimaan Anggota Polri biasanya web tersebut lambat untuk diakses karena overload. Jadi teman-teman bisa melakukan pendaftaran pada jam-jam sepi seperti jam subuh atau tengah malam. Setelah melakukan pendaftaran online barulah teman-teman membawa bukti pendaftaran online beserta berkas persyaratan yang lain ke Polres setempat.

4. Menulis Surat Permohonan

Untuk surat permohonan untuk menjadi anggota Polri dibuat dengan tulis tangan sebanyak 4 rangkap. Nah bagi teman-teman diharapkan menulis dengan rapi dan dapat dibaca dengan jelas. Apabila tulisan kita tidak jelas maka tidak akan diterima pada saat verifikasi dan akan diarahkan untuk menulis ulang surat permohonan.

Nah itu beberpaa hal yang menurut saya perlu dipersiapkan sebelum menempuh seleksi tahap administrai untuk menjadi anggota Polri, semoga bermanfaat dan semoga sukses 😉

Kind Regards

Dedek Buana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *