By | November 13, 2020

5 Keuntungan menjadi Polisi Penjaga Perdamaian PBB – Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang bagaimana cara dan syarat untuk menjadi polisi penjaga perdamaian, nah… gak lengkap nih kayaknya kalau hanya membahas tentang syarat dan kriteria yang diperlukan tanpa membahas keuntungan dan benefitnya menjadi pasukan penjaga perdamaian dibawah bendera PBB ini.

Pasukan penjaga perdamaian PBB kontingen dari Indonesia disebut dengan Pasukan Garuda baik itu dari unsur TNI maupun POLRI.

Untuk menjadi pasukan Garuda tentunya kita harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh PBB. Namun dibalik itu semua, apasih yang sebenarnya menjadi keuntungan sebagai pasukan Garuda atau penjaga perdamaian ini? Mari kita bedah satu persatu…

1. Multi Kapabilitas Khusus

Untuk menjadi personel penjaga perdamaian PBB, kita dipilih yang terbaik dari yang baik, maka dari itu kapabilitas kita sebagai anggota POLRI harus lebih dari personel yang lainnya.

Disamping itu dalam pelatihan dan tahap persiapan / Pre-Delpoyment Training kita diberikan materi-materi khusus sesuai dengan kapasitas kita sebagai penjaga perdamaian nantinya di daerah misi. Dalam satu kontingen kita dibekali dengan kemampuan taktis yang menjadi sebuah keharusan yang dimiliki. Disamping kemampuan taktis, kemampuan yang dimiliki sesuai dengan bidang kerja masing-masing juga tidak kalah menarik untuk dipelajari seperti Mekanik Ranmor, TI, AC, Water Treatment & Genset, kemampuan food & beverage & SWAT.

Nah dari sana kita bisa paham, bahwa kontingen ini disiapkan untuk serba bisa dan siap dalam situasi seburuk apapun.

2. Kemampuan Berbahasa Asing

Bahasa adalah jendela dunia. Sebagai personel penjaga perdamaian PBB kita akan memasuki lingkup kerja Internasional lintas antar negara yang pastinya dihubungkan dengan bahasa.

Sebelum di deploy ke daerah misi, salah satu materi yang diberikan sebagai modal seorang penjaga perdamaian adalah pemantapan pengetahuan bahasa asing. Kontingen saya sendiri yang bertugas pada misi MINUSCA di Afrika Tengah disiapkan dengan dua bahasa yaitu bahasa Perancis dan bahasa Inggris.

Jadi lumayan dapat pelatihan intensif bahasa Peracis dan Inggris sebelum deployment, nambah keahlian dan kapasitas kita kan sebagai aparatur negara.

3. Pengalaman Lintas Internasional

Apabila berbicara masalah pengalaman, ini menurut saya akan semakin berkualitas apabila sejalan dengan seberapa besar resiko yang kita ambil.

Pengalaman yang saya maksudkan disini tidak terbatas pada output pelaksanaan tugas di daerah misi, tapi juga pengalaman internal bekerja dalam lingkup internasional.

Kita dapat mengetahui budaya kerja dan karakter personel dari negara lain. Kita juga paham pengenai hubungan tata cara kerja dengan negara lain dibawah bendera PBB. Banyak deh pokoknya…

4. Teman dari Kontingen Negara Lain

Dengan Intensitas pelaksanaan tugas di daerah misi tentu kita memerlukan yang namanya hubungan sosial. Dari hubungan sosial dan kolega kerja yang kita buat sesama personel PBB atau kontingen Negara lain ini membuat kita memiliki circle pertemanan yang lebih luas dan lintas negara.

Seperti pengalaman saya di daerah misi PBB, kami sering melaksanakan tugas gabungan bersama personel dari negara lain seperti Maroko, Nepal, Portugal, Rwanda, Senegal, Egypt dan masih banyak negara lainnya lagi secara berkesinambungan kita melaksanakan tugas bersama.

Artikel Lainnya : Pemberangkatan | Garuda Di Tanah Afrika

5. Penghargaan Medali PBB

Medali PBB merupakan salah satu reward yang bisa kita lihat secara fisik sebagai personel PBB, dari pelaksanaan tugas di daerah misi tidak hanya medali PBB yang bisa kita terima, namun juga kita dapat memperoleh beberapa medali lainnya dari negara daerah misi, Military/Police Host Country, Negara Asal kita juga dan dari kotingen negara lain.

Nah mungkin itu 5 hal yang dapat saya rangkum sebagai kelebihan kita apabila bergabung sebagai personel PBB. Jadi ayo persiapkan diri kita dan jangkau lebih luas lagi…

Salam Garuda !!! Hu! Ha!

Kind Regards,

Dedek Buana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *