By | June 3, 2020

Pemula dalam masalah blogger, sudah sepatutnya paham akan logika untuk blogging. Sebenarnya apa yang terjadi di Google, bagaimana alurnya ketika Google menampilkan artikel-artikel di mesin pencari, bagaimana Google memberikan rekomendasi kata kunci untuk pengguna, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu bermanfaat bagi para pemula. Tidak hanya sampai disini, setelah membaca artikel ini, saya yakin akan timbul rasa ingin tahu yang cukup besar untuk mengulas lebih dalam lagi tentang SEO Blogger. Oleh sebab itu, sebagai pengantar, tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum mendalami lebih jauh.

Tentang SEO

Dirangkum dari penjelasan tentang SEO yang dimuat dalam situs Niagahoster, Internet merupakan sebuah mesin pencari yang menyediakan jutaan atau bahkan miliyaran situs terkait kata kunci yang diminta pengunjung.

Untuk memulai pembahasan tentang SEO, ada baiknya dimulai dari tingkat dasar dahulu. Tidaklah sesuatu yang lebih baik bila anda mengetahui lebih tinggi tanpa melewati tahapan awal atau dasar. Disini akan dijelaskan mengenai SEO tingkat dasar versi kami.

Pernahkah anda melihat munculnya artikel dengan berbagai deskripsi yang ditampilkannya?

Situs yang muncul berdasarkan kueri atau keyword yang diminta dalam mesin pencari Google akan memperlihatkannya.

Ketika seseorang menuliskan di kotak pencarian Google dengan kata kunci “belajar seo “, maka akan muncul hasil pencarian seperti ini. Hal yang serupa juga akan terjadi bila diterapkan pada kata kunci lainnya.

Google akan memunculkan situs yang memiliki deskripsi tentang kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Dalam SEO, ini disebut dengan meta tag (akan dibahas lebih lanjut).

Inilah yang dimaksud dengan SEO, dimana pemilik blog melakukan modifikasi tertentu terhadap situs blognya agar ramah mesin pencari.

Apa itu SEO?

SEO itu bagian penting bagi sebuah blog atau website. Tanpa adanya SEO, blog atau website anda tidak akan mendapat posisi rangking di Google. Bahkan, blog anda tidak akan ditampilkan Google di halaman pencariannya bila tidak menggunakan SEO. Oleh sebab itu, bagian ini menjadi bagian yang dirasa cukup penting untuk sebuah eksistensi blog.

Terkadang, terdapat blogger yang mengabaikan hal ini. Namun, dirasa itu langkah yang kurang tepat. Biar bagaimanapun, SEO tetap diperlukan walau dalam tingkatan dasar.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah SEO akan memberikan mimpi kepada pengguna blog akan hal rangking di Google. Namun, dibalik iming-iming itu semua, penerapan SEO yang tidak benar justru akan membuat blog atau website tidak terlihat di mesin pencari google. Disini, diperlukan kehati-hatian dan ketelitian yang benar.

SEO singkatan dari Search Engine Optimation. Artinya, mengoptimalkan mesin pencari Google. Jadi, secara sederhana, blog atau website anda haruslah ramah akan mesin pencari google. Buatlah blog yang dapat diterima oleh google dan tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan Google itu sendiri.

SEO mencakup segala hal yang kita perbuat tentang Blog. Jadi, disini tidak hanya bercerita pada satu pokok kegiatan semata, melainkan segala hal yang berkaitan dengan blog, akan menjadi faktor penentu baik atau tidaknya SEO yang kita lakukan terhadap blog sendiri.

Siapa Yang Akan Menerapkan SEO

Tentu, yang akan menerapkan SEO ini adalah pengguna blog sendiri. SEO ini adalah kegiatan yang dilakukan penguna itu sendiri tanpa adanya bantuan dari sistem diluar blog. Misalnya, Google menerapkan beberapa hal yang menjadi acuan dalam menuliskan sebuah artikel, sebut saja Algoritma Google.

Dengan diterapkannya algoritma khusus dari Goole, maka pemilik blog akan memodifikasi blognya sehingga ramah akan mesin pencari Google. Disinilah letak teka-teki itu ada.

Mulailah mencari informasi seputar SEO blogger. Karena Google tidak akan senantiasa melakukan evaluasi terhadap algoritmanya.

Untuk Apa SEO

Seperti yang dijelaskan di atas, blog tanpa SEO akan sia-sia belaka. Semua yang dituliskan di blog tidak akan muncul di pencarian Google. Tentu, ini hal yang sangat tidak diinginkan bagi seorang blogger. Andapun demikian tentunya.

Siapa yang tidak ingin tulisan di blognya dilihat oleh banyak orang, terlebih lagi dilihat oleh dunia. Apalagi, anda seorang pemikir yang baik. Tulisan anda akan dibaca banyak orang dan mendatangkan perubahan bagi kehidupan orang lain. Tentu ini sangatlah beramanfaat.

Berpengaruh Untuk Blog

SEO tentu sangat berpengaruh bagi sebuah blog. Dikatakan demikian, karena kegiatan SEO dapat mendongkrak blog sehingga diindex oleh google dan ditampilkan pada mesin pencari Google.

Tidak Memberi Pengaruh Pada Blog

Kebalikan dari apa yang dijelaskan di atas. Bila blog tanpa memperhatikan SEO, maka blog akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk diindex oleh Google. Atau bahkan, blog itu tidak akan muncul pada pencarian Google. Oleh sebab itu, hal ini menjadi bagian yang dirasa cukup penting.

Berdasarkan deskripsi di atas, maka dapatlah dapahami bahwa menerapkan SEO merupakan hal yang seharusnya dilakukan bila ingin blog muncul dalam pencarian Google.

Sebaliknya, bila anda tidak terlalu memikirkan akan Google, maka sebaiknya abaikan akan SEO ini. Karena, didalamnya akan ada banyak tahapan yang harus dipahami dan diaplikasikan pada blog.

Mulailah Modifikasi Blog Lebih SEO

Memulai adalah langkah awal yang baik dalam bahasan ini. Memulai SEO, akan membawa anda pada rasa ingin tahu akan hal yang baru.

Mengenal SEO lebih jauh akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, lebih baik memulai dari sekarang sebelum terlalu lama tertinggal.

Dalam melakukan modifikasi, akan banyak hal yang akan dilakukan. Beberapa bagian itu antara lain yakni pada bagian postingan atau artikel, badan blog, promosi, dan lain sebagainya. Untuk itu, simak penjelasan berikutnya dalam bahasan ini.

Dalam menerapkan SEO blog, ada beberapa yang menurut saya  perlu, antara lain yakni:

  • Artikel/konten
  • Template
  • Meta Tag
  • Aplikasi
  • Setelan Blog

Dirasa, dari list yang ada di atas, cukup banyak hal yang perlu dilakukan akan blog anda. Oleh sebab itu, jangan menunggu terlalu lama, mulailah belajar SEO dari saat ini.

Jangan lupa berikan saran dan komentar anda ya.. Semoga dalam penjelasan ini dapat mendatangkan manfaat bagi pengunjung sekalian. Terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *