By | June 11, 2020

Jika kamu masih pemula atau bahkan baru mengetahui tentang blog dan ingin membuat blog, maka tulisan ini cocok untuk kamu baca.

Cara membuat blog disini, saya pastikan bahwa saya akan memandu anda untuk membuat sebuah blog. Anda bebas disini. Anda dapat menanyakan apapun tentang blog kepada saya melalui halaman komentar di bawah.

Untuk membuat sebuah blog, kamu harus memiliki sebuah akun gmail (google). Jika kamu sudah memilikinya, kamu hanya tinggal login di halaman website blogger. Kamu dapat mengunjungi halaman Blogger untuk memulainya.

Isikan nama blog yang diinginkan. Tuliskan apapun itu yang kamu suka. Ini akan terlihat dalam blogmu. Orang lain akan melihat tulisan ini, sebagai ciri atau nama dari blogmu.

Url adalah sebuah alamat. Pastikan alamat itu sesuai dengan nama blogmu. Jangan sampai berbeda, ini akan mempengaruhi nilai SEO di blogmu sendiri.

Mulai memposting sesuatu. Untuk memulai, buatlah sebuah postingan yang menarik. Buatlah postinganmu sesuai dengan aturan atau tata cara menulis artikel di blog. Kamu bisa mengunjungi artikel tentangnya di blog ini.

Semua itu sangat sederhana. Jadi, jangan ragu lagi untuk mulai membuat blog dan belajar tentang blog di halaman ini. Saya bersedia membantu segalanya tentang pembuatan blog anda, bila anda memberikan komentar dalam postingan ini. Saya akan meresponnya dengan cepat.

Masuk ke Blogger

Silahkan kunjungi alamat berikut: www.blogger.com

Alamat itu adalah alamat untuk mengunjungi sebuah halaman blogger.com. Disinilah blog anda akan dibuat.

Untuk mendaftarkan sebuah blog, maka anda membutuhkan sebuahakun gmail. Anda harus masuk terlebih dahulu memalui halaman login google.

Masuk ke Google

Silahkan masuk ke alamat www.google.com melalui browser anda. Masuk disini menggunakan akun Google. Oleh sebab itu, persiapkan alamat Gmail yang ingin anda daftarkan sebagai blog anda. Anda hanya perlu memasukkan alamat email dan passwordnya di halaman login google.

Kamu akan dimintai untuk membuat sebuah blog. Jadi, tunggu apa lagi. Segera tekan tombol buat blog seperti gambar di bawah:

Isikan Nama Blog

Pada dasanya, anda diberi kebebasan dalam mebuat nama apapun yang anda inginkan sebagai nama dari blog anda.

Tetapi, terkadang pengguna tidak memperhatikan sesatu yang dianggap penting dalam kajian Blogger. Pada penggunaannya, membuat sebuah nama blog tidak boleh terlalu panjang. Begitu pula sebaliknya, nama blog tidak boleh terlalu pendek.

Mengapa demikian?

Bila anda terpikir tentang pertanyaan itu, maka anda adalah orang yang cocok untuk membeli ebook saya yang akan membahas seputar SEO Blogger.

Anda dapat menambahkan semacam nama pribadi, nama perusahaan, atau mungkin nama kelompok tertentu untuk sebuah blog yang anda inginkan.

Baca : MEMBUAT INTERNAL LINK UNTUK MENINGKATKAN SEO DI BLOG

Isikan Url Blog

Url adalah semacam alamat IP yang ditafsirkan menjadi sebuah kata atau beberapa kata dalam satu kesatuan.

Url membutuhkan semacam domain, baik itu subdomain, Tld, ggTLD, dan lain sebagainya. Ini dimaksudkan untuk sebagai alat atau alamat yang akan digunakan pengunjung untuk mengantarkan pengunjung ke sebuah tempat blog.

Pengertian itu adalah pengertian sederhana dari sebuah Url Blog. Mungkin banyak orang akan berpikir yang serupa tentangnya.

Tetapi, ada sesuatu yang menurut saya penting. Dimana, url sebuah blog seharusnya relefan atau paling tidak menyerupai dengan nama blog yang telah dijelaskan di atas. Ini akan membuatnya lebih baik.

Pernahkah kamu melihat sebuah blog yang terdapat perbedaan antara nama dengan url blog mereke?

Ini penerapan yang tidak baik. Tentunya, akan mengganggu elektabilitas dari eksistensi sebuah blog. Saya tidak menyarankan itu. Sebaiknya, lupakan hal itu.

Tetapi yang harus kamu ketahui, bahwa nama blog harus sama atau mewakili dari url blog. Itu kunci yang akan saya berikan untuk anda.

Tetapi ini dua fungsi yang berbeda. Nama blog memiliki fungsinya masing-masing dan begitu juga halnya dengan url blog. Oleh sebab itu, kebutuhan pada masing-masingnya itu juga berbeda. Pernahkah kamu berpikir tentang berapa banyak jumlah karakter yang dibutuhkan dalam membuat sebuauh judul blog? Banyak, atau sedikit?

Saya sudah menuliskannya dalam artikel saya tentang Belajar Blogger Pemula dan Belajar SEO Blogger. Kamu dapat membacanya.

Bila anda mendaftar di blogger, maka anda akan mendapatkan status sebagai subdomain. Ekstensi url anda akan terlihat seperti: blogsaya.blogspot.com. Paling tidak, dengan ini anda akan menjadi lebih baik.

Namun, jangan khawatir. Anda dapat melakukan custom (perubahaan) padanya. Anda hanya perlu merogo kantong untuk 160 Rupiah untuk membeli sebuah domain yang dapat digunakan dalam satu tahun.

Memilih Tema Blogger

Secara default, saat anda mendaftarkan blog, maka blogger akan memberikan tawaran template yang anda inginkan.

Piliha saja satu. Jangan khawatir, karena bagian ini dapat anda rubah sesuai dengan keinginan anda. Tetapi, saya tidak akan menjelaskannya saat ini. Fokus pada bagaimana membuat blog dan cara membuat blog.

Tema blogger yang diharapkan adalah responsive. Maksudnya, ketika tema itu berada di handphone, akan menyesuaikan dengan sendirinya, baik itu besarnya, ukuran tulisannya, tampilannya, dan lain sebagainya.

Disamping itu, sebuah tema blog juga harus memandang sebuah mesin pencari semacam Google. Dengan template yang dimengerti oleh Google, maka akan memberikan peluang untuk index terhadap blog anda.

Sampai pada tahapan ini, sebenarnya blog anda sudah selesai dibuat. Selanjutnya, anda hanya perlu untuk mengetahui tentang fiturSaya, setelan blogger, SEO Blogger, dan lain sebagainya.

Saya menyarankan anda, untuk menjelajah dalam situs ini. Sebab, bila anda seorang pemula, maka anda akan mendapatkan banyak informasi menarik dalam situs blog ini.

Saya juga masih tetap aktif hingga saat ini sebagai blogger. Untuk itu, silahkan anda menanyakan apapun yang ingin anda ketahui di kolom komentar yang telah saya sediakan.

Akhirnya, saya mengucapkan terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga, dapat memberikan manfaat kepada teman-teman semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *