Cara Menjadi Polisi dengan Prestasi T.A. 2019

Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah lembaga penegak hukum yang memiliki tugas pokok sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Untuk mewujudkan postur Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya (PROMOTER) dimulai dari reformasi Sumber Daya Manusia (SDM) Polri.

Reformasi pada tubuh Polri telah dilaksanakan dari tahun ke tahun dengan peningkatan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas pokok pada masing-masing satuan kerja dan yang paling penting melaksanakan rekrutmen yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH). Dengan Prinsip Betah dalam pelaksanaan rekrutmen Polri maka akan disaring bibit-bibit/ putra/putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi Anggota Polri dan dapat mendukung pelaksanaan tugas Polri secara profesional.

Untuk menjadi anggota Polri tidaklah mudah, banyak hal yang perlu dipersiapkan baik secara administratif, kesehatan, dan mental.

Tahun 2019 Polri membuka pendaftaran SIPSS dan Bintara Polri melalui jalur talent scouting khusus bagi mereka yang memiliki prestasi, kontribusi dan apresiasi, sbb:

Prestasi

Prestasi Bidang Akademik

  1. Bagi calon siswa SIPSS memiliki prestasi akademik minimal cumlaude  dan bersumber dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang terakreditasi A.
  2. Bagi calon siswa Bintara memiliki peringkat 1 s/d 10 mulai kelas X, XI dan XII pada sekolah unggulan/terbaik di tingkat Provinsi.

Prestasi Bidang Non Akademik

  1. Pernah menjadi juara 1 , 2 dan 3 dalam perlombaan kompetisi di Bidang Olahraga, Kesenian, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Agama dalam lingkup nasional atau internasional.
  2. Memiliki sertifikat/Piagam, Medali penghargaan/perstasi di bidangnya yang disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Kontribusi

Kontribusi yang dimaksud yaitu kontribusi dalam tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, pondok pesantren dan suku pedalaman, dengan kriteria, sbb:

  • Terbukti dan konsisten membantu dan berperan aktif dalam penyelenggaraan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta penanganan permasalahan yang menjadi atensi pimpinan dan pemerintah serta menjadi pusat perhatian masyarakat.
  • Membantu/berkontribusi positif dalam pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian khususnya pengungkapan/penanganan kasus menonjol seperti terorisme, narkoba dan lain-lain.
  • Memberikan kontribusi dan partisipasi dalam upaya peningkatan pelaksanaan tugas-tugas kepolisian di masa mendatang dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Partisipasi peningkatan sarana dan prasarana
  2. Membangun sistem dan metode yang memberikan pengaruh besar dalam pelaksanaan tugas Polri
  3. Santri/Santriwati yang Hafidz Qur’an dan memiliki kemampuan berdakwah yang selama ini berkontribusi membantu tugas kepolisian.

Apresiasi

Diperuntukan bagi keluarga anggota Polri yang gugur dalam melaksanakan tugas sehingga putra/putrinya (anak kandung dari pernikahan yang sah/dinas Polri) dapat diberikan apresiasi berupa kesempatan menjadi anggota Polri Sumber SIPSS dan Bintara Polri.

nah, itulah kriteria rekrutmen Polri jalur Talent Scouting apabila kalian memenuhi syarat, segera persiapkan diri dan melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia pusat Mabes Polri.

Semoga bermanfaat 😉

Salam Hangat

Dedek Buana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *