By | June 11, 2020

Blogger, seperti yang telah dijelaskan pada tulisan tentang pengertian blogger yang menjelaskan bahwa blogger merupakan sebuah wadah atau tempat orang untuk menuliskan segala sesuatu yang ia ketahui. Adapun tulisan yang dituliskan di blog dapat dipublikasikan oleh penulis itu sendiri.

Dalam blog sendiri, terdapat beberapa fitur yang digunakan. Pada pembahasan kali ini, fokus pada fitur yang ada pada blogspot. Beberapa fitur yang dimaksudkan itu adalah sebagai berikut:

  1. Postingan
  2. Statistik
  3. Komentar
  4. Penghasilan
  5. Halaman
  6. Tata Letak
  7. Tema
  8. Setelan

Adapun penjelasannya, akan di jelaskan di bawah ini.

1. Postingan

Postingan disini maksudnya adalah semua yang anda posting, tentunya di posting melalui blog anda. Dalam fitur ini, anda akan menemukan bagian “Semua”, “Draf”, “Diterbitkan”. Pada bagian ini, juga akan memperlihatkan jumlah artikel pada masing-masing bagian.
Keterangan:
Semua: Semua artikel yang ada, mencakup artikel yang disimpan dan dipublikasikan.
Draf: Artikel yang anda simpan
Diterbitkan: Artikel yang telah anda publikasikan atau diterbitkan

2. Statistik

Statistik disini berisikan tentang situs anda, yakni disini akan menjelaskan tentang visitor anda, sumber rujuk ke blog anda, dan lain sebagainya. Disini, anda akan melihat aktivitas situs anda, baik untuk harian, bulanan, maupun selama blog anda aktif. Disini, juga akan diperlihatkan berapa jumlah visitor anda dalam bentuk angka.

Pada bagian postingan di statistik, anda juga akan melihat berapa jumlah visitor yang mengunjungi situs anda untuk artikel tertentu. Artinya, visitor menemukan artikel atau tulisan anda di google atau dimanapun, lalu membukanya. Jadi, pada bagian ini anda akan melihat artikel apa yang banyak di lihat orang, dan berapa jumlah visitornya.

Sumber lalu lintas, maksudnya disini adalah bahwa dari mana visitor yang merujuk ke situs anda. Misalnya, orang mencari artikel di google, dan muncul artikel anda. Lalu visitor meng-Klik dan melihat artikel anda. Maka, tulisan atau postingan artikel itu merupakan berujuk dari google, karena visitor mencarinya di Google dan ditemukan di google. Begitu juga untuk hal lainnya, bilamana visitor membuka situs anda atau tulisan anda melalui media sosial, maka yang menjadi perujuk ke situs anda yakni media sosial tersebut.

Pada bagian pemirsa, disini akan menjelaskan tentang dari mana visitor anda berasal. Disini, anda akan menemukan negara-negara asal visitor anda. Namun, kadang kala anda akan menemuk asal visitor yang tidak di ketahui. Disini, anda juga akan dapa melihat secara detail, seberapa besar visitor yang berkunjung ke situs anda melalui browser chrome, mozila, atau yang lainnya. Selain itu, anda akan juga dapat melihat alat yang digunakan visitor anda, baik itu menggunakan handphone, atau menggunakan komputer. Tentu, ini merupakan statistik yang cukup jelas.

3. Komentar

Seperti namanya, komentar ini akan menampilkan semua komentar pada artikel anda. Bila seseorang membuatkan komentar pada postingan anda, maka komentar itu akan masuk ke bagian ini, dan anda dapat melihat artikel tempat komentar itu ditempatkan pengunjung.

Bagian spam, merupakan bagian yang dicurigai. Seperti pengertian spam itu sendiri, bahwa spam itu dimaksudkan bilamana kegiatan itu dilakukan secara berulang-ulang atau bertubi-tubi. Bila orang memberikan komentar secara terus-menerus ke artikel anda, maka akan masuk ke dalam bagian spam. Atau, anda sendiri dapat memasukkan artikel itu sebagai spam.

4. Penghasilan

Penghasilan itu merupakan bagian yang tidak terlihat. Artinya, untuk blog di Indonesia sendiri, fitur ini tidak akan muncul. Anda harus merubah bahasa yang digunakan di blog untuk dapat memunculkan fitur ini (Baca Artikel tentang memunculkan penghasilan di blog).

Fitur ini akan memberikan kesempatan bagi anda untuk menjadi publisher Google, yakni Google AdSense. Fitur ini akan digunakan untuk mendaftar, dan menampilkan iklan di Google AdSense. Namun, pada dasarnya terdapat beberapa syarat yang harus anda penuhi bila ingin mendaftarkan blog anda di Google AdSense (Lihat syarat dan ketentuan Google AdSense). Intinya, fitur ini adalah fitur yang disediakan untuk menghasilkan uang dari blog anda dengan menempatkan iklan.

5. Halaman

Halaman disini berbeda dengan postingan. Halaman disini bersifat statis, biasanya disebut halaman statis. Berbeda dengan postingan, yang pada postingan anda dapat menentukan Url postingan. Sementara untuk halaman, anda tidak bisa mengubah Url yang ingin digunakan. Url akan muncul secara otomatis mengikut pada judul halaman anda.

Terkadang, dalam Url, akan menghasilkan Url yang tidak SEO yang berisi “https://www.namablog.xyz/p/blog-post-1.html”. Url halaman itu merupakan Url yang tidak SEO karena tidak mengandung kata kunci. Banyak penyebab terjadinya, antara lain yaitu koneksi yang tidak stabil, dan ditentukan oleh google. Kejadian ini bersifat otomatis, bila halaman yang ingin anda buat mengandung halaman yang tidak terbaca, maka google akan secara otomatis membuatkan “blog-post” dan ini bukan Url yang SEO.

Halaman, biasanya digunakan pengguna untuk memberikan penjelasan blog yang dijalankan, tentang pribadi penulis, ketentuan layanan, atau hal lainnya yang bersifat statis dan tidak berubah.

6. Tata Letak

Fitur ini untuk menentukan tempat atau lokasi penempatan bagian di blog anda. Misalnya, pada bagian banner anda akan mengisikan apa, pada bagian sidebar anda ingin mengisikan apa. Selain itu, cukup banyak yang dapat anda lakukan disini. Hal ini, akan berkolaborasi dan berkaitan dengan tema yang akan di bahas berikutnya. Dimana pada bagian ini anda dapat memunculkan bagian yang anda inginkan, sementara bagian tema akan memberikan anda tempat untuk mendesain atau mempercantik blog anda dengan diperkaya html yang disediakan.

7. Tema

Fitur ini akan memanjakan anda dengan desain yang disediakan. Anda dapat mendesain blog anda menjadi menarik. Selain itu, disini juga anda dapat mengubah template blog anda. Terdapat bagian Html, yakni dimana anda dapat lebih leluasa dalam melakukan editing pada tampilan blog anda.

8. Setelan

Fitur ini merupakan fitur dimana anda mengelola blog anda. Berbeda dengan tampilan, disini akan digunakan untuk aktivitas blog anda dimata google, dimana pada bagian ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah blog.

Anda dapat menentukan apakah mengizinkan google untuk mengindex blog anda atau tidak. Selain itu, bagian ini juga menjadi bagian SEO, dimana anda harus menyesuaikan bagian-bagian tertentu untuk dapat dibaca oleh google.

Mengatur menu setelan di blog akan berpengaruh baik bagi performa sebuah blog. Maka oleh sebab itu, jangan mengabaikan hal ini dan bacalah lebih teliti tentangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *