By | October 4, 2020

Tanggal 4 September 2020 kami pasukan Gardua Bhayangkara FPU (Formed Police Unite) 2 MINUSCA akan melaksanakan pemberangkatan ke kota Bangui, Afrika Tengah. Sungguh hari yang dinanti-nanti sejak kami memulai pelatihan pra-tugas yang kami mulai hampir genap setahun dari tanggal 3 November 2019.

Malam ini kami diberangkatkan sejumlah 120 personel dari 140 jumlah personel lengkap Satgas kami, 20 personel sisanya akan diberangkatkan pada gelombang kedua yaitu pada tanggal 27 September 2020.

Tradisi Cium Bumi Pertiwi

Suatu kebanggan bisa menjadi bagian dari kontingen Satgas Garuda Bhayangkara FPU 2 MINUSCA.

1 Tahun menanti di Tanah Afrika untuk pengabdian terbaik kami sebagai Duta Polri dibawah bendera PBB, Oke Lets do it.

5 September 2020 sekitar Pukul 14.00 Waktu Afrika Tengah kami tiba di Bandara M’poko, Central Africa, kami disambut oleh Pasukan FPU 1 Indonesia yang siap dan penuh semangat untuk kembali ke Indonesia. Sampai di sini kami langsung di antar menuju Garuda Camp yang tidak jauh dari Bandara.

Garuda Camp kami berdampingan dengan Camp Egypt & Gabon, berhadapan dengan Camp Moroco Battalyon (yang sementara masih dalam proses pembangunan). Sementara itu disisi timur camp kami langsung pemukiman masyarakat lokal (Daerah rawan).

2 minggu kami melaksanakan Karantina antisipasi Covid-19, selama karantina kami hanya melaksanakan tugas pelatihan dan penjagaan markas, dari sini kami tau bagaimana tugas di daerah konflik dengan beberapa Kontingen dari negara lain, bagaimana performa, penampilan, Kapabilitas serta Budayanya yang tidak bisa disamakan antar satu kontingen dengan kontingen lain.

Sampai postingan ini di publish, saya sudah pernah 8 kali melaksanakan piket markas yang memang memiliki perbedaan jauh dengan penjagaan di Indonesia, segala sesuatunya, ancaman serta jenis gangguan yang terjadi.

Ya beginilah sementara keadaan di daerah misi, nantikan cerita seru saya selanjutnya “Garuda di Tanah Afrika”.

Salam Garuda!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *