By | June 21, 2020

Pull up merupakan salah satu gerakan inti yang berguna membentuk tubuh. Selain push up dan Sit up, pull up sangat disarankan bagi mereka yang hendak memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Tidak heran, institusi militer dan kepolisian mewajibkan gerakan pull up bagi seluruh anggotanya. Memang gerakan pull up tidaklah mudah. Tips pull up berikut diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai program latihan pull up.

Apa itu Gerakan Pull Up

Pull up adalah sebuah gerakan yang dilakukan dengan cara bergelantung di sebuah penopang kemudian mengangkat tubuh hingga dagu setara dengan telapak tangan yang menahan beban tubuh.

Banyak yang beranggapan bahwa melakukan pull up sepenuhnya bertumpu pada otot lengan.

Padahal, pull up sangat bertumpu pada otot punggung (otot lattimus). Pull up merupakan salah satu gerakan paling susah dilakukan, khususnya oleh pemula.

Dibutuhkan waktu yang sedikit lama agar terbiasa dengan gerakan pull up. Namun, bukan berarti gerakan pull up tidak bisa dilakukan oleh pemula. Cara bisa pull up bagi pemula bisa dilakukan dengan melakukan gerakan basic pull up.

Gerakan Pull Up

Untuk melakukan gerakan pull up, selain kondisi tubuh yang fit, Anda memerlukan peralatan pull up agar bisa menopang tubuh. Peralatan yang dibutuhkan untuk latihan pull up adalah tiang besi berbentuk huruf ā€œUā€ terbalik. Berikut merupakan gerakan pull up bagi pemula:

  • Posisikan tubuh Anda dengan sempurna dan tegap. Pastikan Anda sudah melakukan beberapa gerakan pemanasan agar otot tidak tegang.
  • Posisikan tangan pada tiang penyangga.
  • Atur ritme nafas. Lakukan beberapa kali pernafasan sebelum mulai mengangkat tubuh.
  • Mulailah mengangkat tubuh Anda secara perlahan.
  • Angkat tubuh Anda hingga dagu Anda menyentuh atau sejajar dengan tiang penyangga.
  • Ketika tubuh mulai terangkat, kaitkan kedua kaki Anda satu sama lain. Jangan biarkan bergantung karena akan mempengaruhi pergerakan tubuh Anda.
  • Turunkan secara perlahan tubuh Anda.

Sebagai pemula, jangan pedulikan berapa banyak pull up yang Anda lakukan, tetapi fokus pada membangun kekuatan otot punggung.

Lakukanlah secara rutin, atur jadwal latihan pull up setiap minggunya yang terbagi ke dalam beberapa hari. Jika Anda sudah terbiasa dan cukup mahir melakukan pull up, Anda bisa melakukan gerakan pull up khas militer atau kepolisian.

Tips push up militer/kepolisan bisa Anda lakukan jika kekuatan otot sudah memadai. Gerakan pull up militer/kepolisian sejatinya tidak jauh berbeda dengan gerakan pull up dasar.

Bedanya, Anda bisa melakukan variasi gerakan pull up seperti mengangkat tubuh dengan satu lengan, mengaitkan beban di kaki, dan sebagainya.

Manfaat Pull Up

Terdapat beberapa manfaat pull up yang Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin. Berikut merupakan beberapa manfaat melakukan pull up yang Anda dapatkan.

  • Menambah tinggi badan

Melakukan pull up dipercaya dapat menambah tinggi badan Anda. Meskipun kebenarannya masih dipertanyakan namun banyak yang percaya hal tersebut.

  • Upper body terbentuk

Ini merupakan manfaat utama dari melakukan pull up. Dengan melakukan pull up, tubuh bagian atas atau upper body akan terbentuk secara proposional. Latihan dasar bisa pull up membantu Anda membentuk upper body secara perlahan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Selain membantu tubuh menjadi lebih proposional, melakukan pull up juga dapat membantu kesehatan jantung terjaga. Melakukan pull up membantu detak jantung berdetak lebih keras. Semakin keras, aliran darah semakin lancar.

  • Keseimbangan Tubuh Terjaga

Manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah keseimbangan tubuh. Tubuh yang seimbang memudahkan Anda melakukan segala jenis aktivitas. Pergerakan tubuh semakin fleksibel sehingga otot tidak kaku. Efek pull up juga membuat Anda tidak cepat lelah.

Sebagai salah satu gerakan dasar dalam membentuk badan, melakukan pull up sangat penting bagi Anda yang memiliki program membentuk badan.

Mengikuti Tips pull up ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang masih pemula dalam  melakukan pull up serta bagi anda yang sedang melakukan persiapan dalam rangka seleksi sekolah/pendidikan kedinasan.

Banyak orang tidak bisa melakukan pull up karena memiliki otot punggung yang lemah. Penyebab tidak bisa pull up dan cara mengatasinya adalah dengan sering melakukan pull up. Semakin sering Anda melakukan pull up, semakin terbentuk otot lengan dan punggung Anda sehingga melakukan pull up tidak lagi sulit.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda šŸ˜‰

Kind Regards,

Dedek Buana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *