By | June 18, 2020

Banyak orang yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proposional. Biasanya, seseorang yang hendak membentuk tubuhnya akan pergi ke pusat kebugaran. Namun, karena latihan yang tidak efektif, banyak orang yang gagal membentuk tubuhnya meskipun rajin latihan di pusat kebugaran.

Padahal, tanpa pergi ke pusat kebugaran, Anda bisa membentuk tubuh Anda hanya dengan push up. Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang efektif untuk membentuk badan. Masih banyak orang di luar sana yang tidak tahu cara melakukan push up yang benar. Dengan mengetahui jenis gerakan dan tips push up, Anda dapat meminimalisir cidera akibat kesalahan dalam melakukan push up.

Gerakan Push Up

Sejatinya, ada banyak variasi gerakan push up yang ada. Gerakan-gerakan tersebut dapat dikategorikan sesuai level kemampuan. Terdapat tiga kategori level untuk melakukan push up, yaitu pemula, intermediate dan advance. Sebelum Anda melakukan push up, pastikan kondisi badan Anda dalam keadaan bugar dan fit.

– Gerakan Push Up Pemula

Bagi Anda yang termasuk kategori pemula, gerakan push up dasar merupakan langkah terbaik guna memulai latihan Anda. Cara melakukannya pun mudah. Pertama, carilah tembok yang kokoh. Tembok ini berfungsi sebagai penopang badan Anda ketika melakukan push up. Selanjutnya, posisikan badan Anda dengan tembok. Pastikan badan Anda lurus tegak dengan tembok.

Kemudian, letakkan kedua lengan sejajar di tembok di hadapan Anda. Secara perlahan, mulailah gerakan push up. Sebagai pemula, Anda bisa melakukannya sebisa dan sekuat Anda. Hingga otot inti Anda sudah cukup kuat menopang, Anda bisa menaikkan level push up Anda ke level intermediate.

– Geraka Push Up Intermediate

Jika Anda merasa sudah cukup kuat untuk lanjut ke tahap berikutnya, Anda bisa melakukan push up level intermediate.

Cara push up intermediate ini hampir sama gerakannya seperti gerakan push up yang sebenarnya. Bedanya, letak lutut diletakan ke bawah agar dapat menopang beban tubuh.

Gerakan dan cara push up yang benar untuk level intermediate dimulai dari memposisikan tubuh seperti akan melakukan push up yang sebenarnya.

Mulailah letakkan kedua telapak tangan Anda sejajar di depan pundak Anda. Jadikan kedua lutut Anda sebagai penopang beban tubuh Anda. Secara perlahan, mulai gerakkan tubuh dan lengan Anda layaknya sedang melakukan push up.

Untuk melakukan gerakan push up level intermediate, disarankan Anda melakukannya tiga kali seminggu.

Aktivitas push up Anda bisa dibagi ke dalam beberapa repetisi. Biasanya, repetisi yang baik dilakukan sebanyak 5 sampai 6 kali tergantung kemampuan Anda. Jika dirasa sudah ccukup terbiasa, Anda bisa menaikkan level push up Anda ke level advance.

– Gerakan Push Up Advance

Gerakan ini merupakan gerakan push up yang sebenarnya. Jika otot inti tubuh Anda sudah cukup kuat melakukan gerakan push up pemula dan level intermediate, gerakan push up advance sangat pas Anda lakukan.

Untuk melakukannya, posisikan tubuh Anda seperti akan melakukan push up biasa. Pastikan Anda berada dalam posisi yang benar agar cedera otot dapat dihindari.

Secara perlahan, lakukan gerakan push dengan mendorong tubuh Anda. Atur tirme pernafasan. Cara mengatur nafas saat push up adalah keluarkan udara ketika Anda mendorong tubuh dan hirup udara ketika Anda mengangkat tubuh Anda.

Lakukan gerakan ini secara rutin. Dalam 1 set push up, berapa kali yang disarankan? Ada baiknya Anda melakukan dalam jumlah semampunya. Jika dirasa sudah cukup kuat, Anda dapat menambah repetisi push up.

Manfaat Push Up

Terdapat sejumlah manfaat push up yang akan Anda rasakan jika dilakukan secara rutin. Gerakan push sangat pas untuk Anda yang sedang dalam program pembentukkan badan agar memiliki badan yang proposional dan ideal.

Gerakan push up melatih otot dada, lengan, dan punggung. Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi juga ikut berpengaruh dalam proses pembentukan badan.

Selain itu, jam tidur Anda juga sangat berpengaruh ke dalam kondisi kesehatan badan Anda. Jadi, aturlah pola makan dan jam istirahat Anda jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain untuk membentuk badan, gerakan dan tips push up di atas juga bisa Anda terapkan guna menjaga kesehatan. Para ahli kesehatan percaya bahwa melakukan gerakan push up secara rutin dapat membantu tubuh Anda memiliki sistem imun yang kuat. Sistem imun yang kuat dapat membantu Anda menangkal berbagai macam penyakit yang datang dan menyerang tubuh Anda. Jadi, rajin-rajinlah melakukan gerakan push up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *