By | June 18, 2020

Mempunyai bentuk badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Selain menyehatkan, bentuk badan yang ideal juga berdampak pada kesehatan mental dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Salah satu gerakan yang dapat membentuk tubuh adalah sit up. Namun, masih banyak orang di luar sana yang belum memahami gerakan sit up dengan benar. Tips sit up kali ini akan membantu Anda melakukan sit up yang baik dan benar agar hasil yang maksimal dan efektif dapat Anda raih.

Sebelum Anda melakukan sit up, ada baiknya Anda mengetahui pengertian sit up. Dengan mengetahui pengertian sit up, diharapkan Anda mampu melakukannya dengan benar.

Sit up adalah sebuah salah satu jenis gerakan yang dilakukan guna membentuk otot tubuh khususnya otot perut dan pinggang. Membentuk dan menghilangkan tumpukan lemak di perut merupakan salah satu manfaat sit up.

Cara melakukan Sit Up yang Baik

Sit up sangat efektif dilakukan guna menghilangkan lemak di perut. Namun, melakukan sit up tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang yang tidak mampu melakukan sit up.

Penyebab tidak bisa sit up biasanya terjadi ketika seseorang memiliki otot inti tubuh yang masih lemah. Namun, bukan berarti otot inti tubuh tidak dapat dilatih. Adapun cara melakukan sit up yang baik dan benar bagi pemula adalah sebagai berikut.

  • Tempatkan tubuh Anda pada posisi telentang. Lekukkan lutut Anda. Pastikan lutut Anda tetap dalam keadaan melekuk. Anda bisa menempatkan beban di kaki Anda atau mengaitkan ujung kaki Anda dengan benda lain seperti kaki bangku atau meja. Lutut yang melekuk akan memudahkan Anda mengangkat tubuh Anda.
  • Letakkan kedua tangan Anda di belakang kepala Anda. Usahakan posisi kedua tangan di belakang kepala tidak berubah.
  • Atur pernafasan Anda. Mulailah mengangkat tubuh Anda pada saat Anda menarik nafas.
  • Jangan dorong leher Anda ketika Anda mulai mengangkat tubuh. Pastikan Anda menggunakan otot perut sebagai otot utama yang mendorong tubuh Anda.
  • Turunkan tubuh Anda secara perlahan diiringi dengan mengeluarkan nafas.

Posisi tubuh yang tepat ketika Anda mulai mengangkat tubuh adalah usahakan bentuk tubuh menyerupai bentuk hururf ā€œCā€. Usahakan punggung bagian bawah tetap berada dan menempel dengan tanah sehingga Anda dapat menurunkan tubuh Anda secara perlahan.

Gerakan sit up di atas merupakan gerakan sit up untuk pemula. Bila Anda sudah mulai mahir, Anda bisa melakukan sit up dengan mengkombinasikan dengan push up atau pull up.

Manfaat Gerakan Sit Up

Banyak ahli kesehatan dan kebugaran tubuh membuktikan bahwa terdapat beberapa manfaat sit up yang akan Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin. Beberapa manfaat melakukan sit up di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan dan melatih otot inti tubuh (core muscle)

Ini merupakan manfaat utama dari gerakan sit up. Orang yang sering dan rutin melakukan gerakan sit up memiliki otot inti yang kuat.

Mempunyai otot inti yang kuat dapat membantu keseimbangan tubuh, membantu tubuh terhindar dari cidera punggung dan perut serta pergerakan tubuh yang lebih fleksibel dan lentur.

  • Menjaga keseimbangan tubuh

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, melakukan sit up dengan baik akan membantu tubuh Anda menjadi lebih seimbang. Pergerakan tubuh Anda akan lebih leluasa dan fleksibel karena otot inti Anda sudah terbentuk sehingga tidak kaku lagi.

Sebagai salah satu gerakan inti dalam membentuk tubuh, melakukan sit up secara rutin sangat disarankan. Selain untuk membentuk tubuh, sit up juga terbukti berdampak positif pada kesehatan mental Anda.

Memang tidak semua orang dapat melakukan sit up. Sulit sit up biasanya terjadi karena tidak biasa melakukannya. Tips sit up di atas sangat berguna bagi pemula yang hendak menjadikan sit up sebagai kebiasaan baru atau persiapan dalam mengikuti seleksi dan tes jasmani kedinasan seperti TNI / Polri / IPDN dan lain-lain.

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat šŸ˜‰

Kind Regards,

Dedek Buana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *