By | December 29, 2019

Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Divisi Hubungan Internasional setiap tahunnya mengirim pasukan FPU (Formed Police Unit) Indonesia (Peacekeeper Polri) di berbagai negara untuk melaksanakan misi perdamaian dunia dibawah bendera PBB.

Tugas pokok FPU (Formed Police Unit) setiap misi dan tahunnya akan berbeda sesuai dengan misi dan mandat yang diberikan oleh UN (United Nations) / PBB. Contohnya yaitu mandat antara Misi UNAMID (Darfur-Sudan) dengan Misi MINUSCA (Bangui-Central Africa) pasti berbeda karena menyesuaikan dengan daerah dan konflik yang terjadi.

Namun berdasarkan Policy On Formed Police Units In United Nations Peacekeeping Operations (2007) ada 3 tugas utama FPU (Formed Police Unit), yaitu:

  1. Protect United Nations Personnel and Property; [Melindungi Personel dan Properti PBB]
  2. Contribute to the Protection of Civilian; [Memberi Perlindungan Kepada Warga Sipil]
  3. Support Police Operations that Require a Formed Response of Spesialized Capacity Above the Capability of IPOs (Individual Police Officer) [Mendukung Operasi Polisi yang Memerlukan Respon yang dibutuhkan atau yang memerlukan kemampuan dengan kapasitas khusus diatas kemampuan IPO (Individual Police Officer) ]

Penugasan Kontingen FPU Indonesia di daerah misi akan bergabung dengan FPU dari negara lain yang dimana dalam melaksanakan tugas akan saling berkoordinasi untuk mencapai tujuan dan misi sebagai mana yang dimandatkan oleh PBB.

Masa penugasan setiap kontingen FPU Indonesia adalah selama 1 tahun, yang kemudian akan digantikan oleh angkatan FPU Indonesia selanjutnya.

Satuan Tugas FPU Indonesia biasanya terdiri dari 140 personel yang akan di tempatkan pada satu daerah misi sebagai delegasi Indonesia selama 1 tahun untuk melaksanakn tugas misi perdamaian sesuai dengan mandat PBB.

Setiap anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) memiliki kesempatan untuk bergabung sebagai anggota Satuan Tugas FPU Indonesia dengan melaksanakn seleksi sesuai dengan kapasitas personel yang dibutuhkan untuk satu kontingen Satgas FPU Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *